Menu

Unknown Unknown Author
Title: Daerahku
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
      Pronojiwo merupakan sebuah nama dari desa yang berada di kabupaten lumajang jawa timur.Pronojiwo terletak di perbatasan kabupaten ...
      Pronojiwo merupakan sebuah nama dari desa yang berada di kabupaten lumajang jawa timur.Pronojiwo terletak di perbatasan kabupaten lumajang dengan kabupaten malang. kira kira jarak dari kota lumajang ke desa pronojiwo sekitaran 50 km, Pronojiwo itu desa yang dingin hampir sama dengan dinginya kota batu apalagi kalau masih pagi kisaran jam 4 – 6 pagi itu dinginya minta ampun, Tetapi kalau siang ngga se panas di kota batu. Warga di pronijiwo itu hampir semua ramah-ramah dan bisa di katakan kategori baiknya menengah ke atas.

Berada dikota sama di desa itu jauh berbeda,kalau di kota kebanyakan kalau mau makan atau masak aja harus beli, kalau di desaku karena rata-rata matapencaharianya adalah seorang guruh(guruh tani maksutnya hehehe),jadi enak kalau masak sayur-sayuran tinggal metik di pekarangan atau kalau ngga ya minta ke tetangga pasti juga dikasih syaratnya ngga boleh di petik semua.

• Sejarah, Budaya Dan Kesenian
Bicara tentang pronojiwo diatas kata pronojiwo berasal dari sebuah nama pohon yaitu yaaaaaaa sama PRONOJIWO juga ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Aphrodisiak,pohon pronojiwo ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit antara lain impoten dan kerusakan syaraf akibat merokok.
Di daerah pronojiwo terdapat jembatan yang menghubungkan antara kota lumajang dan desa pronojiwo atau ke kota malang jembatan ini bernama Gladak Perak biasanya disingkat GP pada jaman belanda dulu Gladak Perak ini sempat dihancurkan oleh TNI dengan tujuan supaya marinir belanda tidak bisa mengejar pasukan indonesia yang mundur.Pernah juga bom dijatuhkan di daerah pasar pronojiwo oleh belanda sehingga banya warga sipil baik laki-laki perempuan anak kecil yang tak berdosa pun meninggal.Bagi yang terluka masih diberikan pertolongan di desa pronojiwo ada juga yang meninggal karena luka yang cukup parah.

• Makanan Khas Pronojiwo
Seperti dedaerah daerah lain pronojiwo juga memiliki makanan khas seperti jogja dengan gudegnya ,jakarta dengan kerak telornya, madura dengan satenya.makanan yang khas antara lain Kue Lupis,Keripik Salak,Pecel telo, dan masih banyak lagi.

• Ciri Khas Pronojiwo
Pronojiwo memiliki ciri khas tersendiri seperti sebutan desa salak pondo. Karena salak pondo itu sendiri menjadi ikon dari desa pronojiwo itu sendiri.Banyak masyarakat yang memiliki kebun salak pondo disana karena tanahnya yang subur dan bagus untuk tanaman salak pondo ini karena hasil buahnya selalu memuaskan besar-besar manis dan tebal.

• Pariwisata Di Pronojiwo
Pariwisata di pronojiwo itu banyak sekali tetapi rata-rata berhubungan dengan air misalnya Tapak Sewu, Goa Tetes, Kapas Biru dan masih banyak lagi yang lain,coba aja kesana deh pasti pemandangan dan suasana yang sejuk akan dirasakan oleh pengunjung pariwisata tersebut,meskipun ada rasa capek-capeknya dikit

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top