Menu

Unknown Unknown Author
Title: Instalasi GNU-Radio
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
GNU radio adalah perangkat software yang bisa digunakan untuk membuat sebuah software-defined radio. Jadi apa itu software defined radio? S...
GNU radio adalah perangkat software yang bisa digunakan untuk membuat sebuah software-defined radio. Jadi apa itu software defined radio? Software defined radio adalah radio yang bagian signal processingnya dijalankan secara software.
Jadi, secara garis besar ada tiga hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah software-defined radio. Yang pertama adalah komputer host. Komputer ini digunakan untuk menjalankan software GNU radio dan seluruh signal processing dilakukan di komputer ini. Hardware kedua adalah USRP. Komputer akan mengirimkan data yang ingin dikirimkan ke USRP, dan USRP akan mengirimkan data yang diterimanya ke komputer. Dan, hardware yang ketiga tentu saja adalah antena (+penguat) untuk mengirimkan gelombang elektromagnetik ke udara.
IMO, GNU radio ini sangat powerful dan berguna terutama untuk kepentingan research ataupun pendidikan. Pasalnya, sejauh ini banyak aplikasi yang bisa dibuat dengan menggunakan GNU Radio. Dengan sedikit googling, bisa dilihat bahwa beberapa orang menggunakan GNU radio untuk berbagai hal, mulai dari akuisisi data GPS, transmitter DVB, komunikasi data, perancangan wimax, radar (buat gw), dan bahkan untuk membuat sebuah BTS. Singkat kata, semua aplikasi yang berkaitan dengan radio bisa dibuat dengan menggunakan perangkat ini.
Langkah instasalasi sebenarnya terbagi menjadi dua tahap, yaitu instalasi dependencies dan binary. Namun, dengan menggunakan apt-get dapat secara langsung menginstall gnuradio dan dependencies nya akan terdownload secara otomatis on-the-fly.
Buka Terminal dan ketikkan perintah :
#Sudo apt-get install gnuradio
dan tekan enter. Tunggu hingga instalasi selesai dan ketikkan perintah :
#apt-get install git cmake
#cd gr-baz
#mkdir build
#cd build
Instalasi GSL dari kode sumber
Proses memasang GSL ini juga sama seperti ritual memasang perangkat lunak di Linux yang lain
Dari terminal ketik perintah :
#cmake ../ -Dcmake_install_prefix=/usr/local
#make
#make install
#idconfig

About Author

Advertisement

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top