Menu

Unknown Unknown Author
Title: Perkembangan dan Kemajuan Teknologi
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Photos by : wiendewani.wordpress.com lmu pengetahuan dan teknologi atau biasa di singkat IPTEK dari tahun ke tahun selalu berkembang....

Photos by : wiendewani.wordpress.com
lmu pengetahuan dan teknologi atau biasa di singkat IPTEK dari tahun ke tahun selalu berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada masa penjajahan dipelopori dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada saat itu masyarakat di perkenalkan kepada persenjataan yang lebih modern dan jauh lebih baik dari yang ringan maupun yang berat.
 
kendaraan tempur dan alat-alat tranportasi lainnya.Teknologi tersebut berasal dari Eropa yang kemudian pemerintah kolonial Belanda menanamkan IPTEK melalui pendidikan di sekolah-sekolah maupun dengan cara penggunaan langsung kepada masyarakat di Indonesia. Hal ini sangat berdampak baik bagi kemajuan dan juga semangat juang bangsa Indonesia .Mereka menggunakan IPTEK modern untuk mencari informasi terkini mengenai keadaan dunia.Oleh karenanya, masyarakat sangat terbantu dengan perkembangan IPTEK pada masa itu.
Akan tetapi, pada masa itu, perkembangan IPTEK masih belum maksimal.Pemerintah kolonial Belanda menghalangi masuknya akses-akses masuknya IPTEK dari barat ke Indonesia. Mereka juga melarang adanya pembelajaran IPTEK bagi masyarakat.Hal ini mengakibatkan Indonesia tertinggal dari negara-negara sekitarnya dalam IPTEK.Ada hal-hal lain yang menyebabkan Indonesia tertinggal dalam IPTEK yaitu diantaranya :
  • Minimnya masyarkat yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi
  • Masyarakat jarang terlibat langsung dalam pengembangan IPTEK
  • Minimnya Industrialisasi
  • Kurang inovasi teknologi yang berarti bagi Indonesia Sendiri
Setelah Indonesia Merdeka, perkembangan IPTEK melaju pesat. Hal ini didorong oleh terbukanya akses-akses untuk mendapatkan IPTEK bagi masyarakat. Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat melakukan berbagai inovasi dan eksperimen dalam IPTEK untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia.

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top